Jumat, 18 Februari 2011

Sejarah Perkembangan Kesehatan Mental

Dahulu berkisar ratusan tahun yang lalu diduga penyebab penyakit mental yaitu syaitan - syaitan, roh - roh jahat, dan dosa - dosa. Kemudian diadakan perbaikan dalam menanggulangi orang - orang yang terganggu mentalnya. sebagai contoh ialah jasa - jasa Philippe Pinel di Perancis & William Tuke dari Inggris. Setelah itu muncul sikap yang lebih ilmiah terhadap penyakit mental yaitu sejajar dengan berkembangnya ilmu pengetahuan alam di eropa.
Diantara tokoh - tokohnya adalah Dorothea dix ( seorang pionir wanita dalam usaha - usaha kemanusiaan ) di Amerika dan Clifford Whittingham Beers ( tokoh yang banyak memberi jasa pada ranah kesehatan mental ) 1876 - 1943.
Pengalaman pribadi Beers, menyakinkan dia bahwa penyakit mental dapat dicegah & pada banyak peristiwa dapat disembuhkan dengan menyusun satu program nasional yang berisikan :
  1. Perbaikan dalam metode pemeliharaan & penyembuhan para penderita mental.
  2. Kampanye memberikan informasi - informasi agar orang - orang bersedia bersikap lebih inteligen dan lebih berprikemanusiaan terhadap para penderita emosi dan mental.
  3. Memperbanyak riset untuk menyelidiki sebab - musabab timbulnya penyakit mental dan mengembangkan terapi penyembuhannya.
  4. Memperbesar usaha - usaha edukatif dan penerangan guna mecegah timbulnya penyakit mental dan gangguan - gangguan emosi.
William James dan Adolf Meyer ( Para Psikolog Besar, terkesan oleh uraian Beers. Akhirnya Adolf Meyer-lah yang menyarankan agar "Mental Hygiene" di populerkan sebagai satu gerakan kemanusiaan yang baru. Pada tahun 1908 terbentuk organisasi Connectitude Society for Mental Hygiene.
Pada tahun 1909 berdirilah The National Committee For Mental Hygiene, dimana Beers sendiri duduk di dalamnya hingga akhir hayatnya.

Sumber :
  1. Dr. Kartini Kartono, Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam, Bandung : CV. Mandar Maju 1989.
  2. Hasan Langgulung, Teori - Teori Kesehatan Mental, Jakarta : Pustaka Al - Husna, 1986.
  3. Moeljono Motosoedirdjo, Kesehatan Mental ; Konsep dan Penerapan, Malang : Universitas Muhammadiyah Malang, 2002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar